NARKOBA, SEBUAH PERMASALAHAN YANG TAK KUNJUNG USAI

Oleh : Abdul Arif / 11043102818

Narkoba adalah sebuah permasalahan ummat yang cenderung telah menjadi bagian dari dinamika kehidupan masyarakat dewasa ini karena sangat terkait dengan aspek-aspek kehidupan sehari-hari seperti gaya hidup, tradisi, kondisi ekonomi, pendidikan, dan kemerosotan iman serta moralitas.
Akumulasi dari faktor-faktor inilah yang menyebabkan penyakit sosial ini sangat sulit diberantas karena penuntasan pada gejala yang muncul kepermukaan tanpa menyentuh akar persoalan hanya merupakan tindakan yang tidak memberikan solusi.
Untuk itu kita perlu melakukan upaya terpadu dari semua komponen, baik itu masyarakat, lembaga pendidikan, dan semua pihak terkait termasuk ulama sebagai pembentuk moral yang juga berpengaruh untuk sama-sama menyatakan perang kepada narkotika dan obat-obatan terlarang lainnya, karena bila hal ini disepelekan, maka korban akan terus berjatuhan bahkan dalam proses yang panjang akan mengakibatkan hilangnya masa depan generasi muda khususnya para pelajar yang menjadi tumpuan harapan keluarga, masyarakat, bangsa dan daerah.
Oleh karena itu setiap orang perlu meningkatkan kewaspadaan.  Bagi para guru, tingkatkan pengawasan terhadap para siswa pada jam-jam pelajaran sekolah, dan kepada orang tua, hendaknya meningkatkan fungsi didikan dan pembinaan terhadap anak-anak, sebab waktu terbesar untuk anak-anak beraktifitas adalah di rumah.
Kepada warga masyarakat termasuk peran para ketua RT/RW untuk senantiasa peka terhadap fenomena di lingkungan masing-masing dan bila ditemui ada hal yang mencurigakan segera melakukan koordinasi atau melaporkan ke aparat yang berwajib.
”Kepada para pelajar, hendaknya tidak sekali-kali mencoba menggunakan narkoba “say no to drugs” karena sekali terjerumus ke dalamnya, maka sangat sulit untuk beranjak ke luar dari jeratannya,”.
Jika ingin benar-benar terbebas dari bahaya narkoba dan ingin agar para siswa-siswi dan juga mahasiswa tidak terjerumus ke dalamnya, maka tidak ada jalan lain bagi kita selain bersama-sama meningkatkan pengawasan dan tidak memberi peluang sedikitpun bagi peredaran barang haram sekaligus racun manusia tersebut di kota ini khususnya lingkungan sekolah. 
Selain itu tanamkan  nilai-nilai moralitas, dan keimanan bagi para siswa-siswi dan mahasiswa agar mereka memiliki benteng yang ampuh untuk mampu menangkal pengaruh-pengaruh negatif terutama  narkoba yang hanya menawarkan kenikmatan sesaat, tetapi memberi kehancuran  permanen.

0 komentar:

Posting Komentar

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Total Tayangan Halaman

 
Copyright (c) 2010 Arief Comm. Blogger Templates by Bloggermint
Distributed by: best blogger template of 2011free blog template 01 - photo folio | best vpn windows 8 best vpn hide ip